Translate

Sabtu, 08 Desember 2012

Scale yang harus diketahui setiap Gitaris.

Scale adalah nada yang dipolakan dan menjadi harmonisasi tersendiri. Dari pengertian tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa scales itu sifatnya teratur, baku dan tidak berubah-ubah. Satu oktaf terdiri dari 12 nada, jika dimainkan disebut chromatic scale. Berikut adalah beberapa scale yang harus diketahui :





Pentatonik Major.

Pentatonik Mayor adalah scale yang popular yang digunakan pada lagu rock, blues, jazz dan lainnya. Scale ini  bernada riang.

Pentatonik Minor.

Pentatonik Minor adalah yang paling banyak digunakan pada musik Rock dan Blues. ada 5 note scale yang dibuat dari Minor scale. Formulanya adalah 1, b3, 4, 5, b7. Dan ini bisa dipakai di berbagai situasi musik..

Minor Blues.

Ini juga salah satu scale populer Rock/blues. Dasarnya sama dengan Pentatonik minor hanya saja ditambah b5th. Dan formulanya 1, b3, 4, b5, 5, b7. Dan dipakai oleh banyak gitaris rock/blues.

Major Blues.

Scale ini adalah relative minor Minor blues scale. Dengan lebih maju 3 fret dari Minor blues. Formulanya adalah 1,2,b3,3,5,6. Biasa digunakan di musik Country dan Bluegrass.

Mixolydian Blues.

Scale ini adala penggabungan dari Maj/blues dan Min/blues. Formulanya adalah 1,2,b3,3,4,b5,5,6,b7. Scale ini Jazzy.

Ionian/Major.

Ini adalah Scale paling dasar di setiap musik. Formulanya adalah 1,2,3,4,5,6,7. Scale ini bernada riang dan digunakan hampir setiap genre.

Dorian.

Scale ini formasi kedua dari Mayor scale. Ini adalah Minor scale, yang formulanya 1,2,b3,4,5,6,b7. Ini seperti Natural Minor dengan tambahan 6th, yang akan menambahkan kesan Jazzy. Scale ini popular di rock/jazz.

Phyrigian.

Scale ini formasi ketiga dari Mayor scale, yang terbentuk dari Minor scale dengan b2.  Formulanya 1,b2,b3,4,5,b6,b7. Scale ini mempunyai kesan Spanish dan dipakai oleh banyak progresi Metal.


Lydian.

Formasi keempat dari Mayor scale. Ini mirip seperti Major dengan tambahan 4th, ini bernada seperti misterius dan Jazzy saat digunakan di rock / jazz. Dan digunakan di kebanyakan backsound film.

Mixolydian.

Formasi kelima dari Mayor scale dan digunakan di kebanyakan kord Mayor dan Dominant. Formulanya 1,2,3,4,5,6,b7. Scale ini akan bagus di  progresi Blues.

Aeolian/Minor.

Formasi keenam dari Mayor scale yang sangat populer. Formulanya 1,2,b3,4,5,b6,b7. Digunakan di banyak genre musik.

Locrian.

Formasi ketujuh dari Mayor scale yang bernada Metalic. Formulanya 1,b2,b3,4,b5,b6,b7. Scale ini dipakai di musik metal karena mengandung b5 dan b2.

Harmonic Minor.

Scale ini seperti Aeolian dengan tambahan 7th. Formulanya 1,2,b3,4,5,b6,7. Scale ini dipakai di musik klasikal dan oleh para shredder Neo-classical.

Melodic Minor.

Mayor scale dengan tiga tahap lebih rendah. Formulanya 1,2,b3,4,5,6,7. Sangat populer di Jazz dan satu dari 3 Minor scale utama. Digunakan di progresi Minor. Scale ini terdengar keren jika digabung dengan Dorian scale.


   Sekian dari saya dan untuk lebih lengkapnya kunjungi websitenya Disini dan Disini. Have a nice day :)
Wassalam...





2 komentar:

  1. Bang yang dimaksud b itu apa ya? Kan ada B3 B6 maksudnya apa bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu untuk plat atau mall nada dikurang setengah

      Hapus